KTT ASEAN ke-16 Resmi Dibuka di Hanoi, Vietnam


tvOne - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-16 ASEAN yang berlangsung 8-9 April 2010, resmi dibuka PM Vietnam, Nguyen Tan Dung, di Hanoi, Kamis (8/4) sore. Pembukaan acara tersebut dihadiri seluruh pemimpin negara anggota ASEAN, kecuali Thailand yang diwakili wakil perdana menterinya karena kondisi politik di negara itu.

Agenda KT, antara lain, implementasi Piagam ASEAN, peta jalan menuju Masyarakat ASEAN 2009-2015, keterhubungan ASEAN (ASEAN Connectivity), perubahan iklim serta isu regional dan internasional lainnya. KTT ke-16 ASEAN di Hanoi bertema

"Towards ASEAN Community from Region." Pembukaan dimulai dengan pidato PM Vietnam selaku Ketua ASEAN, lalu dilakukan foto bersama dan pagelaran tari.

Sebelumnya, saat membuka rapat untuk membahas kunjungannya mengikuti KTT ASEAN ke-16, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, tiga pilar "ASEAN Community" (masyarakat ASEAN), yakni "ASEAN political security community", masyarakat ekonomi ASEAN serta masyarakat sosial dan budaya ASEAN, harus berjalan bersamaan. "Indonesia berpendapat, ketiganya harus berjalan paralel," kata Presiden di Hanoi.

Anggota delegasi Indonesia pada KTT tersebut, antara lain, Menlu Marty Natalegawa, Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu, Menko Kesra Agung Laksono, Menko Polkam Djoko Suyanto, Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Mensesneg Sudi Silalahi.

Presiden mengatakan, saat didirikan tahun 1967, tujuan ASEAN, antara lain, membangun kawasan yang stabil dan aman. Dalam perkembangannya, kata Kepala Negara, faktor ekonomi akhirnya menjadi salah satu agenda yang mengemuka.

"Namun, dengan telah ditetapkannya ASEAN Community itu, betul-betul mengingatkan kita tidak boleh ada yang pincang. Tiga-tiganya harus berjalan paralel," katanya.
ASEAN sendiri terdiri atas negara-negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Brunei, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, Kamboja, Laos dan Myanmar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Ambigos Tiada Hari Tanpa Meng-Update Ambigos Setiap Harinya!
 

About Me

Foto saya
Ahmad Restu (lahir Jakarta, 1 Mei 1993) adalah seorang alumnus SD Negeri Tugu Selatan 02 Petang, SMP Negeri 136 Jakarta, dan hingga saat ini duduk di bangku sekolah SMK Negeri 36 Jakarta mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Follow On Facebook

Follow Now!

RSS Feed

Ambigos Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template