Standard & Poor's Turunkan Peringkat Utang Yunani

Paris - Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor`s, Selasa menurunkan peringkat utang Yunani ke status "junk" (sampah) karena negara zona euro memperingatkan negara itu memerlukan suatu bailout (talangan) mendesak untuk tetap solvent (sanggup membayar utangnya).

Badan ini menurunkan peringkat kredit jangka panjang Yunani menjadi BB+ dari BBB+ dan peringkat jangka pendeknya dari A ke B-2.

Penurunan peringkat berarti investor yakin tidak akan lagi diijinkan untuk membeli utang Yunani dan juga bisa menahan akses Yunani ke dana vital Bank Sentral Eropa.


"Penurunan peringkat hasil dari penilaian terbaru kami dari politik, ekonomi dan tantangan anggaran yang dihadapi pemerintah Yunani untuk memotong utang," analis kredit S & P Marko Mrsnik mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami percaya bahwa pilihan kebijakan pemerintah menyempit karena prospek pertumbuhan ekonomi Yunani melemah, pada saat tekanan kuat untuk langkah-langkah penyesuaian penguatan fiskal," kata pernyataan itu.

Badan ini juga memperingatkan, pihaknya fapat lebih lanjut menurunkan Yunani jika kemampuan pemerintah untuk melaksanakan program reformasi fiskal dan struktural terpukul oleh oposisi politik dalam negeri atau kinerja ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan.

"Asumsi terbaru kami mengenai prospekekonomi dan fiskal Yunani mendorong kami untuk menyimpulkan bahwa kelaikan kredit negara tidak lagi kompatibel dengan peringkat kelas investasi," katanya.

Lembaga peringkat mengatakan mereka yakin bailout untuk Yunani dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional adalah "mungkin" tetapi memperingatkan tekanan tumbuh "untuk penghematan fiskal yang lebih agresif dan beragam."

Sumber: ANTARA News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Ambigos Tiada Hari Tanpa Meng-Update Ambigos Setiap Harinya!
 

About Me

Foto saya
Ahmad Restu (lahir Jakarta, 1 Mei 1993) adalah seorang alumnus SD Negeri Tugu Selatan 02 Petang, SMP Negeri 136 Jakarta, dan hingga saat ini duduk di bangku sekolah SMK Negeri 36 Jakarta mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Follow On Facebook

Follow Now!

RSS Feed

Ambigos Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template